Siap Siaga Bencana Alam

 

        Sebagian besar daerah di Indonesia merupakan daerah rawan bencana alam. Indonesia di lewati patahan benua dan samudera yang berpotensi menimbulkan bencana gempa bumi dan tsunami. Tidak hanya itu banyaknya gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, serta kondisi iklim yang cenderung berubah-ubah membuat potensi terjadi bencana cukup besar di Indonesia. 

        Matoa Edulab selaku pengembang aplikasi edukasi berusaha menghadirkan aplikasi yang bisa dijadikan buku saku sekaligus alarm peringatan bencana melalui aplikasi Siapsiaga Bencana Alam.

        Siap Siaga Bencana Alam adalah aplikasi yang berisi panduan tahapan mitigasi dan manajemen bencana. Aplikasi ini memuat informasi tentang bagaimana melakukan mitigasi terhadap bencana yang sering terjadi di Indonesia seperti bencana gempa bumi, tanah longsor, tsunami, banjir, kebakaran hutan, kekeringan, angin puting beliung dan lain sebagainya.

        Tahapan mitigasi yang harus diterapkan meliputi tahapan sebelum, saat, dan setelah terjadi bencana sehingga dapat dicegah dan juga diminimalisir jumlah korban jiwa, materil dan non materil.

        Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan masyarakat akan lebih paham bagaimana melakukan kegiatan mitigasi bencana sehingga setiap warga masyarakat dapat selalu siap siaga terhadap bencana alam yang sering terjadi di lingkungannya.